PEMKO SIBOLGA GELAR BIMTEK "SMEP" ONLINE


Untuk memberikan pengertian dan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan para ASN di jajaran Pemerintahan Kota (Pemko) Sibolga tentang cara penggunaan aplikasi SMEP, Pemko Sibolga melalui Bagian Pengendalian Pembangunan (Dalbang) Setdakot Sibolga menggelar Bimtek Sistem Monitoring Evaluasi Pembangunan (SMEP) secara online di Aula Nusantara 1 Kantor Wali Kota Sibolga, yang dibuka oleh Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Juneidi Tanjung, Selasa (25/10) pagi.

Maksud dan tujuan diadakannya bimtek ini adalah untuk memberikan pelatihan (training) bagi personil operasi yang akan mengoperasikan sistem SMEP, yaitu mereka (ASN) yang terlibat dalam tugas mempersiapkan input, memproses data, mengoperasikan sistem, merawat dan menjaga sistem serta menyediakan alat bantu dan memaparkan simulasi aplikasi, agar mempermudah para personil dalam memahami/menjalankan/menggunakan aplikasi SMEP di tiap instansi pemerintah se-Kota Sibolga. Kabag Pengendalian Pembangunan Setdakot Sibolga Bustanul Arifin, selaku ketua panitia acara, mengharapkan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu memahami alur sistem monitoring evaluasi pelaporan, ahli pengetahuan tentang sistem monitoring pelaporan serta memberikan access control, setiap pengguna/personil diberi otoritas akses terhadap aplikasi, data dan informasi sesuai dengan kewenangannya.

Bustanul membeberkan, bahwa intinya pelaksanaan bimtek ini dilakukan agar dapat melihat/meninjau/evaluasi kegiatan Pemerintah Kota Sibolga secara langsung melalui media SMEP dalam penyerapan anggaran di masing-masing SKPD, dan secara langsung bisa di tinjau melalui media online. Dikatakannya, “bahwa tahun 2015 lalu, pelaporan kegiatan dan penyerapan anggaran Pemerintah Kota Sibolga masih menggunakan perangkat keras (hardware), tetapi pada tahun ini sudah online. Laporan serapan anggaran APBD di Kota Sibolga dapat langsung dikirim melalui media online,” ungkapnya. Sementara itu, mewakili Wali Kota Sibolga, Juneidi Tanjung mengharapkan kepada semua peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius. “Jangan anggap ini sebuah beban atau tekanan yang diberikan pimpinan, justru ini lah awal pengembangan diri kita untuk lebih maju kedepan untuk hal-hal yang lebih besar. Untuk itu seriuslah mengikuti kegiatan ini agar semua peserta diharapkan dapat memahami dan meresapi ilmu yang akan diberikan narasumber. "Karena hari ini akan menentukan siapa kita di masa depan,” kata Juneidi.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan SMEP ini digunakan beberapa pendekatan. Pertama, simulasi, yakni pendekatan pelatihan yang dilakukan dengan membuat suatu simulasi yang mewakili lingkungan kerja personil dan yang kedua, pendampingan, yakni pendekatan pelatihan yang dilakukan dengan meletakkan personil langsung pada posisi pekerjaannya. Pada kegiatan ini, Bagian Dalbang Setdakot Sibolga mendatangkan Santoso sebagai narasumber dari lembaga diginet media Jogjakarta dan kegiatan ini dilaksanakan sehari penuh yang diikuti peserta dari masing masing kantor/bagian Pemerintahan Kota Sibolga Sumber : http://www.sibolgakota.go.id