Perizinan Kota Solo Jadi Contoh Nasional


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani secara khusus menyambangi kantor BPMPT Surakarta dan menjajal pengajuan izin secara daring atau online.

"Pelayanan terpadu satu pintu telah diluncurkan di pusat beberapa waktu laki, sehingga BPMPT Surakarta merupakan salah satu yang perlu kami tinjau sebagai champion di daerah," katanya, Kamis (11/6/2015).

Menurutnya, Kota Surakarta lebih dahulu telah menerapkan proses percepatan perizinan khususnya untuk usaha dan investasi. Hal itu pula yang menjadikan Presiden Joko Widodo sebagai pemrakarsa perizinan terpadu sewaktu menjadi wali kota, meminta BKPM untuk melihat penerapan di Surakarta sebagai bahan pertimbangan pusat.

"BPMPT-SP [satu pintu] Surakarta perlu kami contoh di nasional. Saya lihat Surakarta punya ISO juga dan itu bagus karena pelayanan perlu standar, perlu pihak lain yang melakukann kajian bahwa pelayanannya memang sudah baik," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke BPMPT Surakarta, Franky didampingi Kepala Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko dan diterima Rohanah selaku Asisten Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Surakarta dan Kepala BPMPT Surakarta Toto Amanto.

Sumber : http://semarang.bisnis.com