Dinas PM-PTSP Palangka Raya Upayakan Layanan Perizinan Online


Sebagai wujud pelayanan lebih berkualitas, efektif serta efesien terutama dalam hal pengurusan perijinan, maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Palangka Raya terus memperkuat terobosan pelayanan yang selama ini sudah dilakukan.

“Kami akan membuat terobosan perizinan yakni memperkuat lagi sebuah aplikasi perijinan secara online,” ungkap Kepala Dinas PM-PTSP Kota Palangka Raya, Renson, Kamis (12/01).

Menurutnya semua bentuk perijinan yang ditangani pihak PM-PTSP dilakukan secara online melalui aplikasi internet, sehingga memudahkan masyarakat melakukan proses perijinan dan tidak mesti harus dating ke kantor dengan cara manual.

“Asalkan berkasnya lengkap dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, maka prosesnya cepat. Ini sangat memudahkan,” ujar Renson.

Dikatakannya pelayanan sistem online merupakan gebrakan baru dari Dinas PM- PTSP, dimana upaya ini dilakukan dalam rangka mempermudah dan mempercepat prosedur pelayanan agar birokrasinya tidak terlalu panjang, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

Renson yang baru saja dilantik untuk menjabat sebagai Kepala PM-PTSP itu lebih lanjut mengatakan, pelayanan perizinan melalui sistem online bertujuan untuk  melanjutkan dan meningkatkan program kerja dari kepala dinas lama (sebelumnya berbentuk Badan) guna mencari terobosan-terobosan baru, salah satunya dari sisi retribusi kalau bisa lewat aplikasi secara online.

Dirinya menjelaskan, selama ini ada beberapa perijinan yang melewati lintas sektoral, sehingga akan dipermudah dan dipercepat pelayanannya. Disamping itu, dengan aplikasi ini otomatis para petugas pelayanan perijinan tidak bersentuhan langsung dengan pembayaran administrasi, tapi langsung membayar melalui bank yang ditunjuk nantinya.

“Namun demikian hal ini masih bersifat rencana, dan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Walikota dan DPRD Kota Palangka Raya. Memang fasilitas dan parangkatnya sudah ada, tinggal menyesuaikan dengan program kerja yang ada, kalau bisa secepatnya dapat terealisasi,” ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Palangka Raya ini.

Renson menambahkan, dengan adanya aplikasi secara online ini, diharapkan pengurusan perijinan menjadi mudah dan cepat, termasuk untuk perpanjangan ijin.

“Proses peruzinan lewat online jelas tidak memerlukan waktu lama dalam satu hari proses perijinan pun bisa selesai.Jadi inilah salah satu bentuk pelayanan yang ditinjolkan PM-PTSP,” pungkasnya.

Sumber : http://www.menaranews.com