Boyolali Punya Aplikasi Perizinan Berbasis Online, Lebih Praktis


 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali terus melakukan inovasi untuk menyediakan layanan perizinan berbasis online. Aplikasi tersebut dilabeli dengan nama Simantap yang merupakan singkatan dari Sistim Informasi Kecamatan Terpadu.

Aplikasi ini berisi tentang pelayanan perizinan yang akan memudahkan masyarakat dalam mengajukan perizinan di tingkat kecamatan.

Kepala Bagian Kerjasama dan Otda M Arief Wardianta melalui Kasubbag Kerjasama dan Otonomi Daerah (Otda) Setda Kabupaten Boyolali Ari Wahyu Prabowo mengatakan aplikasi ini melayani perizinan yakni Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kabupaten Boyolali. "Masyarakat cukup datang di kecamatan setempat untuk mengurus penerbitan izin UMK," ujarnya seperti dikutip merdeka.com Senin 6 Februari 2017.

Dengan adanya aplikasi ini, perizinan akan semakin mudah bagi masyarakat karena tidak harus menempuh jarak dan waktu ke Boyolali untuk mengurusnya. Diharapkan dengan kehadiran aplikasi ini masyarakan bisa mengurus perizinan secara efisien.

Adapun semenjak aplikasi ini dibuat masyarakat diberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih simpel sebab dapat diurus dan diterbitkan di kecamatan terdekat. Dokumen-dokumen tersebut kemudian di-scan oleh petugas kecamatan dan dikirimkan ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Boyolali.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup mengunjungi website perizinan yakni simantap.boyolalikab.go.id. Situs web tersebut berisi fitur-fitur front office yang berisi pendaftaran perizinan di DPMPTSP. Kemudian aplikasi seperti e-office digunakan untuk pengiriman surat menyurat dan aplikasi input data IUMK yang terintegrasi dengan BRI (Bank Rakyat Indonesia).

Sumber : https://www.otonomi.co.id