Dinas Perizinan Kota Yogyakarta akan dijadikan percontohan


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi berencana menjadikan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta sebagai percontohan pelayanan perizinan secara nasional karena dinilai mampu memberikan pelayanan baik kepada masyarakat.

"Layanan dan tata kelola yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta sudah cukup baik sehingga bisa dijadikan sebagai `role model` secara nasional," kata Menteri Yuddy usai melakukan inspeksi mendadak di Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki berbagai keunggulan di antaranya adalah indeks persepsi korupsi yang cukup rendah, pelayanan di Dinas Perizinan yang cepat dan lengkap, serta tata kelola pemerintahan yang baik sehingga berkali-kali memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat dan berbagai pihak lain.

"Dari hasil inspeksi mendadak ini, layanan yang diberikan oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta sudah memuaskan," katanya.

Daerah lain, lanjut Yuddy, bisa menerapkan pelayanan perizinan seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi daerah sehingga tidak harus berbentuk dinas tetapi bisa juga berbentuk badan atau bentuk lainnya.

Sedangkan bagi seluruh petugas di lingkungan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, Yuddy meminta agar mereka terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terlebih dinas tersebut bisa menjadi pendukung peningkatkan investasi di Kota Yogyakarta.

"Saat ini, Indonesia ikut terdampak kondisi ekonomi global. Dinas Perizinan bisa ikut berperan menguatkan sektor ekonomi dengan memberikan pelayanan terbaik yaitu kepastian pemberian izin, pelayanan yang cepat, tidak ada penyalahgunaan wewenang dan tidak tebang pilih dalam memberikan layanan," katanya.

Ia pun mengingatkan agar seluruh kepala daerah bisa sering terjun langsung ke wilayah guna mengetahui seluruh perkembangan dan masalah yang ada.

"Gubernur datang langsung ke kabupaten/kota. Sedangkan wali kota atau bupati turun langsung ke kecamatan dan wilayah. Jika semuanya bekerja seperti ini, maka tata kelola pemerintahan berbasis aspirasi masyarakat bia terwujud," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan pelayanan yang diberikan di Dinas Perizinan didasarkan pada aturan-aturan yang sudah dibuat. "Dasarnya adalah kepastian. Itu yang paling penting," katanya.

Sedangkan mengenai bentuk instansi yang sudah ditetapkan sebagai dinas bukan dalam bentuk badan, Haryadi mengatakan bahwa penetapan dinas tersebut disesuaikan dengan tugas dan fungsi instansi yaitu koordinasi dan eksekusi.

"Pelayan perizinan melalui lembaga yang berbentuk dinas ini sudah cukup baik. Tidak akan diturunkan menjadi badan," katanya.

Sumber : http://www.antarayogya.com